DPRD DAN PEMKAB PASURUAN GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN DESA

h lutfi pengelolaan desa pkspasuruan

Pasuruan, pkspasuruan.org – Seluruh kepala desa dan perangkatnya , BPD, LPM dan pendamping desa se-Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan mengikuti Pelatihan Tehnik Pengelolaan Keuangan Desa selama 2 hari (28-29/03). Giat yang diselenggarakan atas kerjasama pemkab Pasuruan dan komisi A DPRD Kabupaten Pasuruan ini, dilaksanakan di pendopo kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan

Kegiatan yang  dibuka langsung oleh Camat Rejoso ini, diikuti oleh 80 peserta. Giat yang berlangsung selama 2 hari ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kualitas aparatur desa terutama dalam penguasaan administrasi dan tehnologi pengelolaan dana desa. Sedangkan yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut adalah H. Mada Lutfi Irawan dari Komisi 1 DPRD kabupaten Pasuruan dan  Sudarmanto dari Bapemas Pemkab Pasuruan.

Pelatihan pengelolaan keuangan dana desa ini, direncanakan akan dilaksanakan di semua kecamatan di kabupaten Pasuruan dengan peserta yang sama, Pelatihan ini memang sangat penting sehubungan dengan implementasi UU No 6. Tahun 2014, dan Permendagri No 113 tahun 2015 tentang pengelolaan keuangan desa yang perlu diketahui oleh aparatur desa terutama soal pengelolaan keuangan. Karena ketika ada aliran dana dari pusat maupun provinsi yang nilainya sangat besar, perlu adanya Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) yang sesuai ketentuan agar tidak tersandung hukum..

Sementara itu, hasil pengamatan pkspasuruan.org, banyak berita beredar baik di media massa maupun media online memaparkan bahwa banyak keterlibatan kepala desa dan aparat desa yang lain dalam masalah hukum dikarenakan ketidaktahuan mereka dalam mengelola keuangan sesuai dengan ketentuan.

Untuk itu, sebagai media online baru, pkspasuruan.org sangat mendukung pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemkab Pasuruan dan DPRD Kabupaten Pasuruan khususnya komisi A ini. Apresiasi yang tinggi kepada H. Mada Lutfi Irawan, Legislator PKS  di komisi A DPRD Kabupaten Pasuruan atas perannya menjadi narasumber utama dalam kegiatan pelatihan ini, Semoga ini menjadi sumbangsih PKS dan kadernya dalam mewujudkan pemerintahan Kabupaten Pasuruan yang bersih menuju Pasuruan Maslahat. (ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree