SILATURAHMI ADALAH KUNCI SUKSES DALAM BERDAGANG

berita silaturahim pkspasuruan

Pariaman, pkspasuruan.org– Anggota Komisi VI DPR RI Refrizal menilai silaturahim adalah kunci dari suksesnya berdagang. Hal ini disampaikan Refrizal saat melakukan reses di Pariaman, di depan para ibu pegiat UMKM “Ayang Isar” yang menjual aneka macam makanan ringan, Sabtu (26/3).

“Kata nabi, kalau umur kita mau panjang, rezeki kita mau bertambah, harus banyak silaturahim. Termasuk dalam membuat usaha ekonomi, kuncinya ada di silaturahim,” jelas Putra Daerah Asli Kabupaten Pariaman ini.

Refrizal menambahkan ada banyak cara dalam melakukan silaturahim, baik melalui tatap muka fisik maupun di dunia maya (media sosial).

“Ibu-ibu juga perlu memasarkan usaha lewat media sosial, seperti facebook atau instagram. Karena prinsip dalam berusaha itu apa saja boleh, kecuali yang dilarang oleh agama,” jelas Refrizal.

Sementara itu, saat dimintai pendapat tentang mengapa silaturahim itu menjadi kunci sukses dalam berdagang, Ketua Umum DPD PKS Kabupaten Pasuruan, dan beberapa Tokoh PKS Pasuruan serta Tokoh Da’i Pasuruan menyampaikan pandangannya.

Menurut Ustadz Badrut Tamam, Ketum DPD PKS Kabupaten Pasuruan, memang silaturahim sangat besar manfaatnya untuk siapa saja yang berdagang. Karena dengan silaturahim, pertama, kita akan bertemu calon konsumen secara langsung, kedua,  penjual lebih dekat dan bahkan bisa memiliki hubungan emosional dengan calon konsumen, penjual akan mengetahui dan memahami dengan benar kebutuhan calon konsumen. Kemudian yang terakhir, dengan seringnya kita bersilaturahim, penjual akan lebih mengenal sehingga dengan mudah kita memperoleh respon konsumen kita.

Sedangkan, Ustadz Slamet Junaidi, salah satu tokoh PKS Pasuruan yang juga pengasuh salah satu program di Radio Suara Islam Surabaya ini menegaskan silaturahim itu penting untuk profesi pedagang karena ada jaminan yang tidak diragukan lagi dari Allah sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist nabi: Dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557).

Terpisah, Tokoh Da’i Pasuruan, Ustadz Amin Syukroni, memberikan pandangannya bahwa karena dalam berdagang itu membutuhkan banyak interaksi, menawarkan dan menjelaskan produk yang akan dijual, maka melalui silaturahim, hal itu otomotis terjadi.(nur)

sumber: web fraksipks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree